cara merawat pompa air sumur

cara merawat pompa air sumur agar awet dan tahan lama

Pompa Air adalah perangkat mesin untuk mendapatkan air bersih. Pompa air digunakan untuk menyuplai kebutuhan air bersih rumah tangga, kantor, industri dll, dengan sumber air dari sumur gali, sumur bor dan sumber air lainnya. Begitu pentingnya pompa air banyak orang dibikin repot jika pompa tidak bisa beroperasi. Air tidak mengalir, air mengalir tapi pelan, dan problem lainnya. Kerusakan mesin pompa air bisa terjadi sajalan dengan usia pakainya, mengalami keausan pada sparepart atau tidak berfungsinya sebagian komponen. 

Agar pompa air sumur dirumah selalu siap digunakan, alangkah baiknya sedini mungkin kita perlu melakukan perawatan serta mengetahui bagaimana cara perawatan pompa air yang benar. Merawat pompa air adalah hal penting, layaknya perangkat rumah tangga pada umumnya.Tujuannya adalah adalah agar pompa air awet, tidak cepat rusak, memperpanjang usia pakai atau minimal sesuai dengan masa berlaku garansi. 

Berikut bagaimana cara merawat pompa air dengan baik

1. hindari pengoperasian pompa air dalam kondisi kering atau tanpa air. Pompa air yang dioperasikan tanpa air akan menimbulkan suara berisik.

2. Tidak diperkenankan pengoperasian pompa untuk selain air. Hal ini disebabkan komponen pompa terbuat dar bahan-bahan yang khusus untuk penggunaan air.

3. Hindari pemakain pompa air dibawah sinar matahari langsung atau terkena air hujan. Karena akan menyebabkan usia pemakaian pompa berkurang dan bahaya akibat kejutan listrik.

4. Hindari pengoperasian pompa diatas 40 dan dibawah 10 derajat celcius. pemakain pompa pada suhu ekstrem akan memperpendek usia pompa.

5. Tidak diperkenankan membungkus pompa air. Untuk mencegah pembekuan pada suhu dingin, hal ini dapat menyebabkan kebakaran.

6. Jangan sampai pompa terendam air, kecuali pompa air  jenis 
rendaman.



cara merawat pompa air sumur
cara merawat pompa air sumur

Posting Komentar

0 Komentar