Tips membeli pompa air

Tips membeli pompa air baru

Banyaknya pompa air yang beredar dipasaran seringkali membuat bingung untuk menentukan pompa air yang akan digunakan. Untuk memilih pompa air tidaklah mudah bagi sebagian orang yang tidak mengetahui tehnik pompa. Berikut tip membeli pompa air, diharapkan bisa membantu anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Perhatikan dengan seksama spesifikasi pompa air. Biasanya menempel pada body pompa. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan tergiur harga murah, aspek harga bisa mempengaruhi kualitas.
  • Tingkat kedalaman sumur menjadi pertimbangan utama dalam memilih pompa air. Kedalaman sumur menentukan type pompa air berikut daya hisap dan daya dorong yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Daya listrik yang diperlukan pompa air. Sesuaikan dengan daya listrik dirumah anda. Bilamana ingin menggunakan pompa air dengan daya listrik yang cukup besar, sebaiknya tambah kapasitas listrik dirumah anda.
  • kualitas material pompa air. kualitas material yang kurang baik akan mengurangi usia pompa yang digunakan.
  • Layanan purna jual, sparepart atau garansi. Adanya jaminan garansi merupakan cermin bahwa si pembuat yakin bahwa produknya tahan lama, paling tidak sesuai dengan masa garansi. Selain itu garansi merupakan jaminan dari kualitas produk.

tips membeli pompa air yang murah
tips membeli pompa air


Tip Membeli Pompa Air Bekas (second)

Pompa air bekas dapat diperoleh di tempat-tempat service / bengkel pompa, pasar loak atau pusat jual beli alat bekas. Pompa second merupakan pompa habis pakai maupun pompa rusak yang telah diperbaiki atau mengganti bagian dan komponen tertentu sehingga pompa layak untuk dioperasikan. Diperlukan ketelitian dalam membeli pompa air bekas.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membeli pompa air bekas.

1. Tanyakan spesifikasinya
Dengan mengetahui spesifikasinya, kita akan mengetahui kualitasnya. spesifikasi pompa air biasanya menempel di body pompa.

2. Periksa tampilan luar
Dengan mengetahui tampilan luarnya, kita akan mengetahui kondisi pompa tersebut, misalnya body pompa berkarat, keropos, dll.

3. Tanyakan tentang motor penggerak
Jika memungkinkan, periksa juga bagian dalam mesin pompa, apakah komponennya masih bagus atau tidak. Lebih baik membeli pompa bekas yang motor penggeraknya masih original.

4. Aspek harga
Sebelum membeli pompa bekas, sebaiknya kita mengetahui harga pompa baru dengan spesifikasi yang sama sebagai bahan perbandingan.

5. Melakukan trial and error
Sebelum dibeli cobalah pompa terlebih dahulu, perhatikan cara kerja mesin, mulai dari daya isap, suara mesin, dll.

6. Garansi
Kebanyakan pompa air bekas tidak menggunakan kartu garansi atau garansinya telah habis. Oleh sebab itu, Anda perlu meminta kesepakatan sampai jangka waktu tertentu dengan penjual untuk memperbaiki/mengembalikan, jika dalam waktu dekat pompa tersebut bermasalah.

Posting Komentar

0 Komentar